Mengatasi Ambeien Saat Hamil Dan Setelah Melahirkan

Ambeien Saat Hamil

Biasanya para wanita yang sedang hamil terutama saat kehamilan memasuki usia kandungan 36 minggu akan mengalami gejala ambeien. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan pada daerah parineum selama kehamilan bahkan setelah melahirkan biasanya yang melahirkan secara normal hal ini karena mengejan terlalu keras. Dan kalau pada saat hamil bahkan sebelum hamil sudah memiliki ambeien biasanya akan semakin parah setelah melahirkan, atau yang sebelum hamil tidak memiliki ambeien saja terkadang akan muncul setelah melahirkan

Usia kandungan yang semakin besar otomatis janin yang semakin besar dan posisi yang semakin kebawah memberi tekanan pada vena besar bagian kanan tubuh yang membawa aliran darah dari tubuh bagian bawah, sehingga memperlambat aliran darah dari kaki menuju tubuh bagian atas yang menyebabkan tekanan di pembuluh darah bagian bawah rahim menjadi besar.

Apa itu Ambeien?

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah vena di daerah anus. Bengkaknya pembuluh vena ini akan terlihat mirip daging yang ada disekitar anus. Ukurannya bisa kecil seperti biji buah hingga sebesar anggur. Pembengkakan ini bisa menjadi penyebab pendarahan saat buang air besar dan menyebabkan perasaan tidak nyaman.

Ambeien ada yang muncul di dalam atau ambeien internal dan ambeien yang keluar atau ambeien ekternal. Ambeien internal tidak terlihat dan kebanyakan orang tidak menyadari dirinya menderita ambeien. Ambeien jenis internal ini ditandai pendarahan ketika buang air besar, darah tersebut bisa menetes, bisa juga ada tetesan darah di dalam kloset. Ambeien yang keluar lebih gampang dikenali karena timbul, selain itu ada perasaan tidak nyaman, gatal disekitar anus.

Mengatasi ambeien setelah melahirkan

Melahirkan secara normal terkadang menimbulkan ambeien dengan ukuran yang kecil sampai besar. Namun tak perlu khawatir ambeien ini dapat sembuh. Yang dirasakan ketika ambeien ini muncul adalah muncul rasa sakit, pembengkakan, ada rasa panas atau perih di daerah anus dan yang terparah adanya pendarahan ketika buang air besar.

Berikut cara mengatasi ambeien:

  1. Merendam bagian sekitar anus dengan air dingin atau bisa juga dengan mengompres dengan es di daerah yang mengalami pembengkakan. Hal itu dapat mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman di sekitar daerah anus.
  2. Mengompres dengan air hangat atau berendam di air hangat memiliki efek yang sama dengan berendam dengan air dingin. Namun perlu diingat jika saat proses melahirkan ada mendapatkan tindakan penjahitan di area jalan lahir, berendam air hangat tidak disarankan.
  3. Perbanyak berbaring walaupun hanya sebentar, jangan duduk terlalu lama maupun berdiri terlalu lama. Dan jika duduk lebih baik beralasakan bantal sehingga tekanan pada area anus sedikit berkurang.
  4. Jika pembengkakan masih belum berkurang atau bertambah parah lebih baik minta saran dokter untuk meminta obat baik berupa salep, obat yang diminum atau obat yang dimasukkan ke dalam anus dan aman untuk ibu yang menyusui. Biasanya obat yang diresepkan ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.
  5. Makan makanan kaya serat agar buang air besar lebih lancar serta minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  6. Anda pun bisa mencoba alternatif lain seperti minum air rebusan daun handeleum ( daun ungu) sehari 2x. Dengan cara ambil beberapa lembar daun handeleum diseduh dengan air panas, atau bisa juga dengan merebus daun handeleum dari 3 gelas menjadi 2 gelas.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Mengatasi Ambeien Saat Hamil Dan Setelah Melahirkan
Author Rating
51star1star1star1star1star